Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 16 Desember 2010

Hukum Proses, alur mutlak untuk menjadi seorang pemimpin yang besar


Analogi proses untuk menjadi seorang pemimpin bisa disamakan dengan seorang pemain saham. Orang yang bermain saham, jika ia mangharap dapat kaya dalam waktu semalam dengan bermain saham, tentunya hal yang mustahil. Begitu juga untuk menjadi seorang pemimpin, tidaklah hanya diraih dalam waktu sehari. Semua butuh proses.

Seseorang yang ingin menjadi kaya, tentunya dia dengan giat mengumpulkan uangnya sedikit demi sedikit. Dengan waktu yang cukup lama, akhirnya uang itu terkumpul, namun belum cukup untuk dapat dikatakan “kaya”. Orang tersebut harus menginvestasikan dulu dengan membeli saham. Setelah menanam saham dalam kurun waktu tertentu, barulah hasil yang fantastis dia dapatkan. Ini adalah sebuah kisah seorang pensiunan yang berhasil menyumbang sebuah universitas sebesar 7,5 juta US Dollar hanya dengan menabung uang pensiunnya dalam saham. Tidak percaya? Tetapi itulah yang terjadi. Dia berhasil bersabar selama puluhan tahun mengumpulkan uang yang sedikit menjadi jumah yang sangat besar.

Untuk itu, kita dapat mengambil sebuah pelajaran dari kasus tersebut. Apabila anda ingin menjadi seorang yang besar, tabunglah segala sesuatunya dari sekarang, mulai dari yang kecil. Jika anda ingin menjadi seorang pemimpin, tabunglah yang menjadi bekal seorang pemimpin. Ingat :
“Seorang pemimpin lebih mengetahui sesuatu dari pengikutnya, seorang pemimpin lebih pandai dari pengikutnya, lebih baik dalam banyak hal dari pengikutnya.”
Jadi, anda bisa menabung yang menurut anda dibutuhkan. Mulai sekarang menabung pengetahuan dengan belajar, menabung wawasan dengan membaca, menabung soft skill dengan pelatihan serta seminar, menabung segala yang diperlukan untuk masa depan.

Sekarang yang harus anda ketahui yaitu bagaimana untuk menikmati proses tersebut. Saya jadi teringat sebuah kata-kata dari seorang kerabat saya :
“tumbangnya sebatang pohon, bukan karena pukulan yang ke-100, tetapi akibat akumulasi pukulan dari pertama sampai yang ke-100.”
Jadi, tidak penting pukulan yang keberapa, tetapi yang menyebabkan hasil yaitu prosesnya. Semakin kencang tebangan tiap pukulan, maka semakin cepat juga tumbangnya. Sehingga, kita dapat menilai bobot seorang pemimpin dari prosesnya. Semakin dia mengalami proses yang keras, semakin berpengalaman dan berbobot sebagai seorang pemimpin.

Layaknya pembuatan sebuah guci yang antik. Walaupun berasal dari tanah yang tidak bernilai sama sekali, kotor dan tidak memiliki daya jual. Tetapi, setelah melewati proses penginjak-injakan, pembakaran dan beberapa proses yang menyakitkan. Akhirnya tanah itu enjadi benda berharga yang berdaya jual tinggi, serta diburu banyak orang. Begitu juga diri kita. Semakin banyak anda mengalami proses yang menyakitkan, bukan melemahkan anda, justru akan membuat diri anda semakin bernilai. Maka nikmatilah setiap proses yang ada.

Pemimpin yang hebat yaitu apabila seseorang telah mempunyai respon alami melakukan setiap perilaku sebagai seorang pemimpin. Bahkan, seorang pemimpin hebat seringkali tidak lagi merencanakan sesuatu yang besar, tetapi dengan refleks tindakan yang ia lakuakan dapat menjadikan sesuatu yang besar. Mengapa demikian?

Inilah yang dinamakan seseorang telah memiliki intuisif pemimpin. Jadi, semua hal mengenai keputusan kemimpinan telah dapat dia analisis dengan cepat. Sehingga dia dapat mengambil segala keputusan dengan cepat dan tepat. Itulah pemimpin yang hebat. Tetapi, bagaimana mendapatkannya?
Seorang pengusaha sukses “Bob Sadino” mengatakan :
“Saya mendapatkan intuisif berbisnis ketika saya telah melakukan bisnis tersebut sebanyak 1000 kali.”
Artinya, untuk menjadi seorang pengusaha sukses pun dibutuhkan proses yang panjang. Untuk itu, latih diri anda untk menjadi seorang pemimpin, maka anda akan menjadi seorang pemimpin yang besar.

Prepare your self, collect all u needs and enjoy the process. You’ll get it!


Selamat berjuang! ^_^

Tunggul Aditya
IT Telkom Success Community (ITSUKI)
Bookmark this post:
StumpleUpon Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google

 

Copyright 2009 All Rights Reserved Magazine 4 column themes by One 4 All